Free CursorsMyspace LayoutsMyspace Comments
} img{padding:0px;background:transparent;border:none;}

Sabtu, 22 Oktober 2011

Bukti – Bukti Evolusi

 Kuda Zaman Sekarang
  
         Tingkat evolusi kuda        
                                                                
Dari Segi Palaentologi

Charles Darwin mengatakan bahwa fosil adalah bukti perkembangan makhluk hidup di masa lampau, yg menunjukkan suatu perkembangan secara kontinu, suatu perkembangan secara evolutif. Contoh perkembangan makhluk hidup dari segi palaentologik yaitu perkembangan evolusi kuda. Perkembangan kuda dimulai dari Hyracotherium termasuk kelompok Eohippus, yang muncul pada Eocene awal di Amerika utara dan eropa.
Nenek moyang kuda ini memiliki cirri :
-          Besarnya hanya 11 inci, berleher pendek, dan mempunyai kaki depan yg berbeda dengan kaki belakang.
-          Kaki depan jumlah jarinya empat, dan jari belakang tiga ; jari keempat dan ke lima masih ada namun tinggal kecil saja.
Pada Oligocene muncul Mesohippus yg lebih besar daripada Eohippus yaitu lebih kurang 24 inci. Kaki depan dan belakang masih berjari 3 . Pada Meocene dijumpai adanya Parahippus pemakan daun dan Merychippus : pemakan rumput. Pada Pleiocene muncul yang disebut Pliohippus yg jari sampingnya telah mereduksi. Pada Pleiocene akhir sudah mulai muncul nenek moyang kuda yg berjari satu, dan sudah dikenal lebih kurang 10 spesies yg tergolong pd Equus.
Prinsip perubahan kuda secara evolusi :
1.      Tubuh kuda bertambah besar, dari sebesar kucing sampai sebesar yang ada sekarang.
2.      Kepala di bagian depan sampai mata semakin panjang dan besar.
3.      Geraham depan dan geraham berubah dari bentuk pemakan daun dan rumput menjadi bentuk yang sesuai untuk pemakan rumput saja
4.      Ekstremitas bertambah panjang.
5.      Jari-jari samping mereduksi hingga tinggal jari ketiga yang tumbuh dengan baik.
Bukti evolusi dari segi anatomi perbandingan.
Homologi : bentuk dasar sama tetapi fungsinya berbeda pada berbagai hewan.
Analogi : bentuk dasar berbeda tetapi fungsinya sama pada beberapa makhluk hidup.
Homoplasi : bertumpu dari adanya kemiripan bentuk anatomic, namun tidak di wariskan dari bentuk yang sama pada nenek moyang yang menurunkannya
Homologi menunjukkan adanya hubungan genetic. Sedang pada homoplasi tidak.
Sayap insecta dan ivertebrata = analogi
Anggota depan manusia dan mantis = homoplasi dan analogi
Anggota depan manusia dan anjing = homoplasi dan tidak sepenuhnya analogi
Paru-paru vertebrata darat dan gelembung udara pada ikan = homology tetapi tidak analogi.

Bukti evolusi dari segi embriologi perbandingan.
Perkembangan embrio pada hewan multiseluler akan dijumpai kenyataan bahwa perkembangan dari bentuk zigot mulai bentuk-bentuk perkembangan yg sama seperti bentuk blastula, gastrula, namun selanjutnya berkembang berbeda satu dengan yg lain shg dewasanya sangat berbeda. Perkembangan embrio dengan evolusi dinyatakan oleh Ernst Haeckel bahwa ontogeny adalah philogenik yg dipersingkat. Ia menyebutnya Teori rekapitulasi/biogenetik. Perkembangan cor mamalia bentuknya serupa dengan yg dijumpai pada ikan, untuk selanjutnya perkembangannya menyerupai perkembangan yg dijumpai pada Amphibi, Reptil dan akhirnya berbentuk sebagai bentuk yang merupakan cirri Mamalia.

Runtuhnya Teori Evolusi
Teori yang diajukan Haeckel menyatakan bahwa embrio-embrio mengulangi proses evolusi yang telah dialami nenek moyang. Haeckel berteori bahwa selama masa perkembangan di dalam rahim ibu, embrio manusia menunjukkan karakteristik ikan, kemudian, reptil, dan akhirnya karakteristik manusia. Terbukti bahwa teori ini sama sekali keliru. Yang dianggap insang pada tahap awal embrio ternyata adalah fase awal saluran telinga bagian tengah, kelenjar paratiroid dan kelenjar timus. Bagian embrio yg menyerupai “kantung kuning telur” ternyata adalah kantung yang menghasilkan darah bagi bayi.  Bagian yang dianggap “ekor” oleh Haeckel ternyata adalah tulang punggung yang menyerupai ekor hanya karena terbentuk lebih dulu daripada kaki. Fakta-fakta ini diakui luas dalam dunia ilmiah bahkan diterima oleh evolusionis sendiri. George Gaylord Simpson menulis : Haeckel keliru menggunakan prinsip evolusi. Kini telah diketahui pasti bahwa ontogeny tidak mengulangi filogeni.   Dalam sebuah artikel American Scientist dinyatakan : tentu saja hokum biogenetis benar-benar telah mati. Hukum ini akhirnya di singkirkan dari buku-buku pelajaran biologi pada tahun lima puluhan. Sebagai sebuah topik penelitian teoritis yg serius hukum ini telah punah pada tahun dua puluhan.
Jurnal ilmiah Science edisi 5 september 1997 menerbitkan artikel yang mengungkapkan bahwa gambar embrio Haeckel adalah penipuan. Tulisan itu yang diberi judul : Haeckel’s Embryos : Fraud Rediscovered” (embrio-embrio Haeckel : Pemalsuan yang terungkap lagi) menyatakan berikut ini  : kesan yang diberikan (oleh gambar-gambar Haeckel) yang menyatakan bahwa semua embrio itu persis sama adalah salah, ungkap Michael Richardson seorang ahli Embriologi di Fakultas St George;s di London. Ia dan rekan-rekannya melakukan sendiri penelitian pembandingan, memeriksa ulang dan memotret beberapa embrio yang berasal dari spesies dan umur yang kira-kira setara dengan gambar Haeckel. Nyatalah bahwa semua embrio itu seringkali tampak benar-benar berbeda luar biasa, lapor Richardson dalam Anatomy dan embryology.
Banyak pendukung evolusi berterus terang mengakui bahwa scenario evolusi kuda telah hancur. Dalam sebuah symposium empat hari mengenai masalah-masalah teori evolusi bertahap yang diselenggarakan pada tahun 1980 di Field Museum of Natural History, Chicago dan di hadiri 150 evolusionis, Boyce Rensberger, seorang evolusionis yang memberikan sambutan mengatakan bahwa skenario evolusi kuda tidak di dukung oleh catatan fosil dan tidak ditemukan proses evolusi yg menjelaskan evolusi kuda secara bertahap. Diagram-diagram yang disusun secara berurutan dari fosil spesies-spesies berbeda yang hidup pada periode sangat berlainan di India, Afrika selatan, Amerika utara dan Eropa, semata-mata mengikuti imajinasi evolusionis.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host